Selasa, April 03, 2012

Matahari


Apa sii yang ada dalam fikiran Anda ketika terlintas kata 'matahari' ?? mungkin ada yang beranggapan bahwa matahari itu panas, matahari itu besar, matahari itu pusat tata surya, dan lain sebagainya. Dan semua jawaban tersebut memanglah ada benarnya, namun ini merupakan penjelasan tentang matahari yang saya temukan dan ketahui. Silahkan membaca ^_^



Matahari merupakan sebuah bola raksaasa yang berpijar dengan senyawa penyusun utamanya berupa 74% gas hidrogen dan 25% helium yang terionisasi. Sementara senyawa pendukung lainnya terdiri dari besi, nikel, silikon, sulfur, magnesium, karbon, neon, kalsium, dan kromium.

Pernahkan terpikirkan dalam benak Anda berapa berat, ukuran, usia, suhu, dan gerak dari matahari itu ?? dan mengapa matahari menjadi obyek terbesar di tata surya ini ??

Nah, ini dia jawaban dari semua pertanyaan-pertanyaan.


Berdasarkan ilmiah, para ilmuwan kini telah menentukan bahwa berat matahari adalah 1,989x1030 kilogram atau 330.000 kali berat bumi. Dimana bumi mempunyai berat sekitar 5.500 kilogram per meter kubik, dan berat bumi ini digunakan sebagai perbandingan berat jenis planet yang lainnya.

Sedangkan, diameter matahari yaitu 1.392.000 kilometer atau 865.000 mil, sama dengan 109 kali diameter bumi. Dengan diameter matahari yang begitu besar, maka sebanyak 1,3 juta planet seukuran bumi dapat masuk ke dalam matahari. Hal inilah yang membuat matahari menjadi obyek terbesar di tata surya dengan massa mencapai 99,85% dari total massa tata surya.


Selanjutnya, suhu permukaan matahari sekitar 6.000 K sedangkan suhu panas matahari diperkirakan mencapai 11,0000 F, tapi panas dari pusar matahari yaitu 70,000,0000 F. Pada umumnya matahari bertahan hingga 10 miliar tahun, kini matahari telah berusia 4,6 miliar tahun. Namun ketika matahari kehabisan hidrogen pada inti mataharinya, maka matahari akan berekspansi menjadi bintang raksasa yang berwarna merah dan dingin serta 'memakan' planet-planet kecil disekitarnya sebelum akhirnya kembali menjadi bintang kerdil berwarna outih kembali.


Putaran matahari seperti puratan bumi yang mengelilingi matahari, gerakan ini dinamakan sebagai geak posisional. Matahari pun juga mempunyai gerak perpindahan dan sesuai dengan penelitian para ilmuan, bahwa galaksi dan planet-planetnya bergerak ke arah kutub utara dengan kecepatan 19,5 kilometer dalam setiap detiknya.


Gaya gravitasi yang terdapat pada matahari sebanding dengan 28 kali gravitasi yang berada di bumi. Adanya gravitasi matahari memungkinkannya menarik semua komponen-komponen penyusunnya membentuk suatu bentuk bola sempurnya. Dengan gravitasi matahari jugalah yang dapat menaham planet-planet yang mengelilinginya tetap berada pada orbit masing-masing, sebab pengaruh dari gravitasi matahari masih dapat dirasakan hingga jarak 2 tahun cahaya.

0 komentar:

Posting Komentar